Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

LDII DIY Ikuti Pelatihan Penyembelihan dan Pengolahan Hewan Kurban

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 14 Juni 2022, 04:35:55

Yogyakarta (14/6). Pengurus PC LDII Jetis, Yogyakarta, menghadiri undangan pelatihan penyembelihan hewan kurban, untuk Idul Adha 1443 H yang diadakan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Yogyakarta, pada Jumat (10/6/2022). Acara itu menghadirkan para takmir masjid se-Kota Yogyakarta.

Pelatihan yang diadakan di lantai dasar Masjid Pangeran Diponegoro Balai Kota Yogyakarta tersebut, bertujuan memastikan pelaksanaan pengelolaan hewan kurban sesuai tata cara dan aspek kesehatan, di tengah ancaman wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak. Sehingga penyembelihan hewan kurban dilaksanakan secara syariah, juga memenuhi aspek kesehatan, kebersihan, higienitas baik sebelum dan sesudah penyembelihan.

Kepala Baznas Kota Yogyakarta, Syamsul Azhari mengatakan, pelatihan diisi dengan materi tentang pengelolaan ibadah kurban, yang menghadirkan narasumber Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta, dengan materi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan.

“Penyebaran virus PMK yang bisa menyebar lewat udara atau kontak langsung dengan hewan ternak lain. Provinsi Yogyakarta tidak boleh lengah untuk menghadapi kasus virus ini,” ujarnya.

Sebagai informasi, PMK adalah penyakit menular yang menyerang hewan ternak atau hewan liar yang berkuku belah seperti, sapi, kerbau, kambing dan sejenisnya. Penyakit ini disebabkan oleh virus yang dinamai virus penyakit mulut dan kuku.

Sementara itu, Dosen Fakultas Peternakan UGM Nanung Danar Dono, menyampaikan materi Fiqih Penyembelihan Hewan Kurban dan Pengolahan Daging Kurban yang Higienis dan Berkualitas dalam Perspektif Ilmiah dan Syar’iyah”.

Menurutnya, dalam penyembelihan hewan kurban harus memperhatikan beberapa syarat, yaitu jenis ternak, umur ternak, kesehatan ternak, dan waktu penyembelihan. “Ternak kurban juga harus memenuhi syarat kesehatan, yaitu kuat berdiri dan tidak cacat,” tuturnya.

Sementara itu, pengurus PC LDII Jetis, Sudarmono bersykur telah menghadiri pelatihan ini, “Ini merupakan salah satu edukasi kepada masyarakat yang akan mengadakan penyembelihan hewan kurban. Sehingga, warga di seluruh wilayah Yogyakarta mengetahui tata cara dalam menghadapi penyembelihan hewan kurban,” pungkas Sudarmono.

The post LDII DIY Ikuti Pelatihan Penyembelihan dan Pengolahan Hewan Kurban appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/ldii-diy-ikuti-pelatihan-penyembelihan-dan-pengolahan-hewan-kurban/

built with : https://erahajj.co.id