Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Kepala BKKBN RI Apresiasi Program Tri Sukses LDII Kulon Progo

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 10 Juni 2022, 07:55:27

Kulon Progo (10/6). DPD LDII Kulon Progo berhasil menghelat Musyawarah Daerah (Musda) yang ketujuh di Joglo Sastro Pawiro, pada Sabtu (21/5). Acara tersebut dibuka oleh Bupati Kulon Progo Sutedjo.

Pada sesi pembekalan, Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI, Hasto Wardoyo, berkesempatan mengisi materi di hadapan peserta Musda yang terdiri dari pengurus PC dan PAC LDII se-Kulon Progo.

Dalam paparannya, Hasto memberikan arahan bagaimana membentuk keluarga berkualitas. Terutama kepada keluarga muda yang nantinya akan meneruskan perjuangan bangsa.

“Bonus demografi harus dimanfaatkan secara maksimal. Keluarga muda harus memiliki kualitas yang baik. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah usia produktif yang bekerja dan tidak menganggur agar tidak menjadi beban,” paparnya.

Terkait keluarga berkualitas, BKKBN memiliki indikator berupa i-Bangga atau Indeks Pembangunan Keluarga. i-Bangga terdiri dari tiga faktor, yaitu tenteram, mandiri, dan bahagia.

Tenteram berarti keluarga paham betul praktik beragama dan memiliki akhlak yang mulia. Mandiri berarti keluarga memiliki nilai kerja keras yang tinggi, dan diiringi dengan kebiasaan hidup hemat atau tidak boros.

Lalu bahagia artinya keluarga harus dijalin secara harmonis dan bergotong royong. Baik antar anggota keluarga maupun antara keluarga dengan lingkungan masyarakat.

“Saya kenal betul bagaimana pengurus LDII menyosialisasikan hal ini kepada satu-satunya keluarga. Mendengungkan kepada warganya untuk kerja keras dan tidak boros,” ujarnya.

Menurut Hasto, masih banyak keluarga yang antri bantuan tunai Rp500.000 per bulan. Padahal mereka mengeluarkan uang untuk membeli rokok bisa Rp600.000 per bulan. “Makanya nilai Tri Sukses dari LDII ini sudah luar biasa,” ujar Hasto. Program Tri Sukses, yakni alim-fakih, akhlakul karimah, dan mandiri.

Selain itu, ia juga menyampaikan kritikannya kepada pemuda yang akan menikah. Jangan sampai yang diurusi oleh calon pengantin dan orangtua hanya gedung dan katering saja.

Pemeriksaan kesehatan kedua mempelai juga harus dipersiapkan. Sehingga ia berpesan kepada seluruh warga LDII untuk mementingkan persiapan membina keluarga yang sehat dan berkualitas.

“Pemeriksaan kesehatan itu murah bapak ibu semua. Jauh lebih murah dari pada foto prewedding. Di Puskesmas insyaAllah cukup Rp100.000 kurang lebih. Jangan sampai yang murah tapi penting kalah dengan yang mahal tapi tidak terlalu penting,” tambahnya.

The post Kepala BKKBN RI Apresiasi Program Tri Sukses LDII Kulon Progo appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/kepala-bkkbn-ri-apresiasi-program-tri-sukses-ldii-kulon-progo/

built with : https://erahajj.co.id