Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Hadiri Penghargaan Kampung Pancasila, Wanhat PC LDII Puncu: Pancasila Perlu Sejak Dini Dikenalkan

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 29 Maret 2022, 02:50:31

Kediri (29/03). Desa Satak, Kecamatan Puncu menerima penghargaan Juara Harapan 1 Kampung Pancasila. Penghargaan itu dihadiri oleh Dewan Penasehat PC LDII Kecamatan Puncu, Saswito yang juga anggota Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) seksi Pemeliharaan Kerukunan Umat Beragama, Dandim 0809 Kediri, Letkol Inf Rully Eko Suryawan, Camat, Polsek, Koramil, aparat desa/kelurahan, Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan Perhutani.

Saswito berpendapat penanaman nilai-nilai Pancasila sudah seharusnya ditanamkan pada anak-anak sejak usia dini, “Melihat kondisi sekarang ini, Pancasila hampir terlupakan oleh generasi penerus bangsa, maka dirasa perlu penanaman nilai-nilai Pancasila sangat mendesak sejak usia dini, misalnya dari hal-hal yang kecil pada anak-anak usia TK dengan pengenalan lambang dan sila-sila Pancasila,” kata Saswito.

Lebih lanjut, Saswito ikut bangga dengan Desa Satak, Kecamatan Puncu yang telah meraih juara harapan 1 Kampung Pancasila. Menurutnya, apresiasi juara harapan 1 menjadi tanggung jawab warga desa untuk mempertahankan serta meningkatkan pengamalan warga terhadap nilai-nilai Pancasila.

Sementara itu, Letkol Rully menambahkan, “Tujuan dibentuknya Kampung Pancasila karena pengamalan jiwa Pancasila sekarang memang sudah menurun bagi generasi muda, untuk itu kita bersama-sama dan menekankan agar generasi muda dididik untuk bisa mengamalkan butir-butir Pancasila,” ujarnya.

Ia berharap dengan lebih memperkenalkan kembali Pancasila, dapat menumbuhkan persatuan dan kesatuan bangsa. Karena sekarang banyak masuk ajaran Radikal jangan sampai generasi muda terprovokasi ajaran Radikal.”

Kampung Pancasila adalah program TNI AD untuk menerapkan dasar-dasar nilai Pancasila. Beberapa pengenalan Pancasila di Desa Satak pada anak-anak usia Sekolah Dasar (SD) antara lain dengan menggunakan media wayang, lomba menggambar lambang Pancasila untuk anak usia TK dan wawasan kebangsaan.

The post Hadiri Penghargaan Kampung Pancasila, Wanhat PC LDII Puncu: Pancasila Perlu Sejak Dini Dikenalkan appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/hadiri-penghargaan-kampung-pancasila-wanhat-pc-ldii-puncu-pancasila-perlu-sejak-dini-dikenalkan/

built with : https://erahajj.co.id