Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

DPP LDII: Pamong Miliki Peran Strategis Tanamkan Karakter Peserta Didik

Kategori : LDII News, Nasional, Ditulis pada : 27 Maret 2022, 04:13:05

Jakarta (27/3). Pamong memiliki peranan strategis dalam mengembangkan dan memperkuat pendidikan karakter peserta didik. Hal tersebut disampaikan Ketua DPP LDII Basseng, saat membuka Sekolah Pamong Indonesia (SPI) tahap 3.

Kegiatan tersebut dilaksanakan secara luring pada tanggal 19-23 Maret 2022, di Ponpes Minhaajurrosyiddiin, Jakarta Timur. Peserta SPI merupakan perwakilan ponpes yang bernaung di bawah LDII. Peserta acara tersebu mencapai 77 orang, dengan pemateri merupakan pakar pendidik dan ahli psikologi.

Menurut Basseng, dalam rangka mewujudkan salah satu program “Pengabdian LDII untuk Bangsa”, berupa pendidikan karakter profesional religius, Departemen Pendidikan dan Pelatihan Umum (PUP) DPP LDII menyelenggarakan SPI untuk memperkuat dan menggali pendidikan karakter.

“Hal tersebut selaras dengan amanat UU No.17 Tahun 2007 tentang Rencana Pembangunan Nasional Jangka Panjang 2005-2025 yaitu mewujudkan masyarakat berakhlak mulia, bermoral, beretika dan beradab berdasarkan falsafah Pancasila,” ujarnya.

Ia mengatakan, kunci keberhasilan sebuah pendidikan karakter profesional religius melibatkan berbagai aktor meliputi peserta didik sebagai input, pengelola yayasan, kepala sekolah, guru, pamong, tenaga kependidikan dan orang tua sebagai pelaksana.

Sementara output-nya adalah peserta didik yang memiliki karakter Tri Sukses generasi penerus (Generus) yakni alim-faqih, berakhlakul karimah, dan mandiri, serta enam tabiat luhur: jujur, amanah, mujhid muzhid, rukun, kompak, dan kerja sama yang baik.

Basseng menyampaikan bahwa dalam menjalankan sebuah sistem pendidikan karakter profesional religius, diibaratkan sebuah mesin yang memproses input hingga mengeluarkan output, “Apabila salah satu aktor dalam sistem tersebut tidak memahami sistem maka mesin pendidikan tidak akan berjalan dengan baik sehingga outputnya akan terhambat,” jelasnya.

Di masa kini, peran seorang pamong bukan hanya mengasuh saja, akan tetapi seorang pamong yang baik harus bisa mengajar dan dapat mendalami kejiwaan peserta didik sebagai pengganti peran orang tua. “Sehingga, posisi pamong sangatlah penting dalam sistem ini. Entry pointnya berawal dari pamong yang memiliki nilai strategis dalam menanamkan karakter bagi para peserta didik,” tambahnya.

Pada tahap 3 ini, SPI memiliki kompetensi utama memahami dasar keterampilan konseling. Sehingga dapat menjadi konsultan psikolog dalam mendalami psikologi peserta didiknya, serta memberikan kiat-kiat praktis kepada para pamong tentang bagaimana melakukan konseling.

“Seorang pamong kini harus bisa menjadi konsultan bagi peserta didik yang mengalami masalah psikologis atau kejiwaan. Dengan adanya pemberian keterampilan konseling pada tahap 3 ini, harapannya para pamong dapat memahami kondisi kejiwaan peserta didik dan bisa memberikan solusi melalui konseling yang tepat,” ucap Basseng.

Melalui Departemen PUP DPP LDII, setelah mengikuti SPI, setiap pamong akan dikawal untuk menerapkan kompetensi yang sudah dipelajari melalui platform pondokkarakter.com.

“Platform ini akan menjadi media komunikasi dan interaksi para pamong yang bertugas di tempatnya masing-masing. Selain itu, kami akan terus mengupdate pengetahuan para pamong melalui bahan-bahan yang kami upload melalui platform tersebut,” jelasnya.

Ia berharap, seluruh pamong yang hadir mendapatkan kompetensi sehingga dapat menerapkan nilai-nilai karakter kepada para peserta didik dengan baik seusai mengikuti pelatihan di Sekolah Pamong Indonesia.

“Selesainya Sekolah Pamong Indonesia tahap 3 ini bukanlah menjadi akhir kegiatan. Justru sebaliknya, penutupan ini akan menjadi awal kegiatan untuk memajukan karakter peserta didik,” ujarnya. (Dzul/LINES)

The post DPP LDII: Pamong Miliki Peran Strategis Tanamkan Karakter Peserta Didik appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/dpp-ldii-pamong-miliki-peran-strategis-tanamkan-karakter-peserta-didik/

built with : https://erahajj.co.id