Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

LDII Salurkan Bantuan untuk Warga Terdampak Banjir Besar di Sangatta

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 22 Maret 2022, 03:31:30

Sangatta (22/3). Banjir besar melanda Kabupaten Kutai Timur Provinsi Kalimantan Timur, tepatnya di Kecamatan Sangatta Utara dan Sangatta Selatan. Banjir mengakibatkan ribuan keluarga harus dievakuasi sebab rumah mereka terendam banjir, Minggu (20/3). Banjir ini disebut yang terparah setelah banjir serupa pada 2001 silam.

Kepala Dinas Sosial Kaltim Agus Hari Kesuma mengungkapkan, data per 19 Maret 2022 pukul 22.37 WITA, warga terdampak banjir di Sangatta Utara 15.504 jiwa dari 3.937 kepala keluarga (KK). Sedangkan Sangatta Selatan, korban terdampak 1.392 jiwa dari 1.308 KK.

“Sedangkan, ketinggian air atau tinggi muka air (TMA) kisaran 50-150 cm. Banjir besar terjadi sejak Sabtu 19 Maret 2022, pukul 05.00 WITA disebabkan curah hujan yang tinggi dan air laut meluap,” ujarnya, seperti dikutip dari antaranews.com.

Menurut Agus, Pemprov Kaltim melalui Dinsos maupun pihak terkait terus memonitor dan membantu masyarakat yang terdampak, hingga kondisi normal dan air surut.

BPBD Kutai Timur mencatat, wilayah terdampak berada di Kecamatan Sangatta Utara dan Kecamatan Sangatta Barat. Desa/kelurahan yang terdampak antara lain Sangatta Utara, Swarga Bara, Teluk Lingga, Singa Geweh, dan Sangatta Selatan.

Sementara itu, DPD LDII Kutai Timur dan Senkom Mitra Polri secara aktif turun mengirimkan bantuan pada Minggu (20/3), yang dipusatkan di Jalan APT Pranoto Sangatta.

Informasi berasal dari Pos Tanggap Senkom, masih ada sekumpulan warga yang belum mendapat bantuan di sekitar jalan tersebut. Bantuan yang dibawa berupa makanan siap saji dan air mineral dalam kemasan.

Tingginya banjir memaksa tim untuk membawa bantuan dengan berjalan melintasi banjir setinggi 1 meter.

Saat melintas, bantuan diberikan kepada warga yang masih bertahan di rumah mereka. Dari informasi warga, ditemukan konsentrasi warga di sekitar Gang PLN menunggu mendapatkan bantuan.

Tim kemudian menuju lokasi dan menyerahkan bantuan kepada koordinator warga di depan Masjid Al Salam Jalan APT Pranoto Gang PLN.

Wanhat DPD LDII Kutim Siswahyudi turun tangan mendistribusikan bantuan kepada masyarakat terdampak.

“Bantuan dari warga LDII yang tidak terdampak banjir, akan terus kami usahakan ada, dan kami bagikan hingga musibah selesai,” tuturnya singkat.

Saat ini yang dibutuhkan pengungsi terutama makanan pokok, beras, telur, atau makanan cepat saji, seperti mie instan. Untuk penanganan pasca banjir memerlukan obat-obatan dan pakaian anak-anak dan dewasa (LINES/Kutim).

The post LDII Salurkan Bantuan untuk Warga Terdampak Banjir Besar di Sangatta appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/ldii-salurkan-bantuan-untuk-warga-terdampak-banjir-besar-di-sangatta/

built with : https://erahajj.co.id