Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Lestarikan Lingkungan, DPD LDII Tala Gelar Gerakan LDII Tanam Pohon 2022

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 16 Maret 2022, 13:46:19

Tanah Laut (16/3). Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (DPD LDII) Kabupaten Tanah Laut (Tala) menggelar “Gerakan LDII Tanam Pohon”. Gerakan ini bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Tala, Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Tala, dan Pemerintah Desa Kunyit Kecamatan Bajuin Kabupaten Tala, Rabu (16/03).

Dalam sambutannya Ketua DPD LDII Tala Anton Kuswoyo menyampaikan bahwa Gerakan LDII Tanam Pohon ini sebagai bentuk kepedulian Pengurus dan Warga LDII Tala terhadap kelestarian lingkungan. Anton mengatakan bahwa pada pada awal tahun 2021 yang lalu di Kabupaten Tala terjadi banjir bandang, termasuk juga di kabupaten lainnya se-Kalimantan Selatan. Adanya banjir bandang tentu disebabkan oleh kondisi hutan yang kian menyempit, pepohonan yang semakin sedikit, dan berbagai faktor lainnya.

“Kondisi permukaan tanah yang tebuka tanpa ada tumbuhan pepohonan, bila tejadi hujan akan rawan terkikis dan longsor. Pada akhirnya juga mengakibatkan banjir. Gerakan LDII Tanam Pohon ini sebagai bentuk kepedulian LDII terhadap kelestarian lingkunganz. Pohon yang kami tanam ini tentu akan kami rawat sampai benar-benar hidup, tidak hanya ditanam saja lalu selesai,” papar Anton.

Penanaman pohon dilakukan di kawasan embung Desa Kunyit. Sebanyak 1.000 bibit pohon bantuan dari KPH Tala terdiri dari pohon mahoni, pinang, jambu mete, spatodea, ditanam di kawasan embung desa.

Bupati Tala yang diwakili Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Ismail Fahmi memberikan apresiasi terhadap gerakan penanaman pohon yang dilakukan DPD LDII Tala.

“Kami atas nama pribadi maupun Pemerintah Kabupaten Tanah Laut memberikan apresiasi kepada jajaran pengurus dan warga LDII Tanah Laut yang mengadakan gerakan penanaman pohon pada hari ini. Tentunya kami berharap dengan adanya peran serta ormas islam dalam hal penanaman pohon akan membantu pemerintah di bidang kelestarian lingkungan hidup,” katanya.

Gerakan LDII Tanam Pohon ini juga dihadiri perwakilan dari Kodim 1009/Tanah Laut, Polres Tanah Laut, Dinas Pariwisata, Badan Kesbangpol, Camat Bajuin, dan Kepala Desa kunyit beserta warganya. Setidaknya ada sekitar 100 orang warga desa yang terlibat pada kegiatan penanaman pohon yang digagas DPD LDII Tala.

Kepala Desa Kunyit, H.M. Rakhmadi memberikan ucapan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan penanaman pohon di desanya tersebut.

“Alhamdulillah desa kami dipilih sebagai tempat Gerakan LDII Tanam Pohon. Kami menyampaikan rasa terima kasih kepada Pengurus DPD LDII Tala dan semua pihak yang turut menyukseskan kegiatan ini. Kami senang dan bangga didatangi oleh perwakilan Bupati, Kodim, Polres, dan dinas-dinas terkait,” ungkap Rakhmadi senang. (*)

The post Lestarikan Lingkungan, DPD LDII Tala Gelar Gerakan LDII Tanam Pohon 2022 appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/lestarikan-lingkungan-dpd-ldii-tala-gelar-gerakan-ldii-tanam-pohon-2022/

built with : https://erahajj.co.id