Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

MUI Tabanan: Proker LDII Tabanan Indonesia Banget

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 06 Desember 2021, 06:23:12

Tabanan (5/12). DPD LDII Tabanan menghelat rapat kerja daerah (Rakerda) bertajuk “Meneguhkan Moderasi Beragama, Untuk Melangkah Bersama Menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul, dan Madani” pada Minggu (5/12).

Wakil Ketua Umum MUI Tabanan H. Hartono mengaku LDII sebagai lembaga yang sering beraudiensi dengan MUI. Menurutnya, LDII tidak ada masalah karena dalam praktiknya mengambil ibrah dari Alquran dan hadis Nabi.

Ia menegaskan pihaknya bersyukur setiap tahun tahun bisa berkumpul dengan pengurus LDII dan umat Islam lain dalam acara safari Ramadan, “Kalau dilihat dari kegiatan LDII Tabanan, sangat Indonesia banget. Tidak ada yang perlu diragukan,” tegasnya.

Dijelaskan lebih lanjut, tugas MUI adalah membina dan mengamati umat Islam agar tetap bersatu dan tidak terpecah belah. Jika tidak bersatu, maka sangat berbahaya untuk persatuan dan kesatuan bangsa.

“Saya mengajak LDII dan semua umat Islam untuk berlomba-lomba menuju rahmatan lil alamin, yaitu menjadi rahmat bagi semua makhluk dan alam. Semoga LDII menjadi maju dan berkembang, serta menjadi rahmatan lil alamin,” pungkasnya.

“Selain mengambil ibrah dari Alquran, LDII juga berkhidmat dengan kutubus sitah atau himpunan enam hadis. saya kira Muhammadiah, NU, dan MUI tidak ada yang menolak. Semua sama, tidak ada perbedaan yang signifikan. Kalaupun ada perbedaan, soal furuiyah, itu wajar,” tutur Hartono.

Senada dengan itu, Wakil Ketua FKUB H. Anwar Haryono mengatakan semasa menjabat sebagai pengurus MUI dan selama menjabat sebagai pengurus FKUB, ia menyaksikan LDII mempunyai program kerja yang baik.

“Program LDII Tabanan sudah bagus karena mengimplementasikan ukhuwah islamiyah, ukhuwah basariyah, dan ukhuwah wataniyah. Semoga Rakerda kali ini bisa kembali menghasilkan program-program yang lebih baik,” ujar Anwar.

Menurutnya, LDII memiliki tanggungjawab menjaga kerukunan di tengah masyarakat. Sebab, keberagaman jika tidak dikelola dengan baik maka bisa memicu konflik. Kerukunan yang sudah tercipta di Tabanan agar terus dijaga.

“Apalagi sejarah FKUB di Indonesia ini berawal dari Tabanan. Pertama kali lahir FKUB di Tabanan, kemudian menyebar ke seluruh Indonesia,” imbuhnya.

Rakerda LDII Sejalan dengan Visi Kabupaten Tabanan

Sementara itu, pelaksana tugas (Plt) Kasubid Ormas Badan Kesbangpol Kabupaten Tabanan, I Nyoman Arta Susila mewakili Kepala Badan Kesbangpol mengapresiasi Rakerda LDII Tabanan.

Menurutnya, tema yang diangkat dalam Rakerda sejalan dengan visi Kabupaten Tabanan, yakni Nangun Sat Kertih Loka Bali Melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana Kabupaten Tabanan Menuju Tabanan Era Baru Aman, Unggul, dan Madani.

“Hasil Rakerda diharapkan bisa memantapkan sinergisitas LDII dengan pemerintah, juga dapat memberikan manfaat kepada masyarakat Tabanan,” kata Susila.

Pihaknya menghimbau LDII berperan aktif dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, dengan mencegah terjadinya konflik sekecil apapun di Tabanan. Selain itu, pemerintah juga mengapresiasi LDII yang memiliki komitmen kebangsaan yang kuat.

Ketua DPD LDII Tabanan Maulana Sandijaya mengungkapkan tema Rakerda yang diangkat sebagai bukti konkret warga LDII merawat kerukunan dan toleransi antar umat beragama. Rakerda ini juga dalam rangka menyusun program kerja (proker) tahun 2022.

“Alhamdulilah, atas izin Allah, selama 2021, LDII Tabanan menjalankan 52 kegiatan. Baik itu bersifat keagamaan, sosial, lingkungan, dan lainnya. Semoga, ke depan LDII bisa lebih banyak memberikan manfaat pada masyarakat Tabanan,” ujar Sandi.

The post MUI Tabanan: Proker LDII Tabanan Indonesia Banget appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/mui-tabanan-proker-ldii-tabanan-indonesia-banget/

built with : https://erahajj.co.id