Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Ka Kwarnas Buwas Tekankan Pentingnya Kolaborasi Antar Pengurus Pramuka

Kategori : LDII News, Nasional, Ditulis pada : 26 November 2021, 12:02:24

Jakarta (26/11). Ketua Kwartir Nasional (Ka Kwarnas) Komjen Pol (Purn) Budi Waseso (Buwas) melantik Wakil Kwarnas dan Andalan Nasional Pergantian Antar Waktu, Kepala Pusdiklat dan Badan Perimbangan Pendidikan Pusdiklatnas masa bakti 2018-2023 di Gedung Kesenian Pandan Sari, Cibubur, Jakarta Timur.

Ia memaparkan, pergantian dan penambahan kepengurusan baru adalah bagian dari penyegaran untuk menjadikan Kwarnas sebagai gerakan pramuka yang lebih berdaya guna dan berhasil guna.

“Ini bukan berarti pengurus yang digantikan tidak berdaya dan berhasil guna, tetapi pergantian dan penambahan ini bermaksud agar akselerasi gerakan yang dilakukan Kwarnas menjadi lebih cepat, lebih terarah, dan terukur,” ujarnya.

Pria yang pernah menjabat sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) itu mengatakan pada tahun 2022, akan diselenggarakan kegiatan besar yang memerlukan perhatian serius agar hasilnya maksimal. Sejumlah kegiatan besar itu antara lain Jambore Nasional, lomba Pramuka Penggalang tingkat lima serta Perkemahan Bhakti Saka Bhayangkara tingkat nasional dan Perkemahan Antar Satuan Karya (Saka) Penegak dan Pandega.

“Saya menaruh harapan besar kepada kepengurusan yang baru dilantik agar mampu menjadikan kegiatan-kegiatan tersebut berjalan lancar, bermanfaat bagi peserta didik dan bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara,” ujarnya.

Ia menekankan kolaborasi dan sinergitas antar pengurus Kwartirnas. Untuk bersama-sama membangun kinerja, kerja sama yang baik dan saling mendukung satu sama lain. Ia menegaskan, agar tidak terjadi persaingan yang tidak sehat antar kepengurusan Kwarnas.

“Sesuai dengan tugas dan tanggungjawabnya harus bekerja sesuai dengan tim, artinya bekerja untuk kepentingan pramuka tidak keluar dari jalurnya (programnya). Jadi, semua harus saling berkoordinasi,” tambahnya.

Budi Waseso berharap, pendidikan dan pelatihan yang diadakan oleh gerakan pramuka dapat menumbuhkembangkan semangat persaudaraan, sikap saling toleransi dan menghargai kebergaman dalam masyarakat majemuk, “Sebagaimana slogan ‘Bhineka Tunggal Ika’ kita berbeda-beda tetap satu tujuan,” ungkapnya.

Ia mendorong para anggota Pramuka untuk menghidupkan kembali kegiatan-kegiatan Pramuka dan selalu menerapkan protokol kesehatan dan berperan serta mengedukasi masyakat untuk tidak mengabaikannya, “Sesuai perintah Presiden sebagai majelis pembimbing nasional (Mabinas) bahwa Pramuka menjadi contoh dan teladan,” urainya.

Senada, Waka Pinsakonas SPN Bidang Organisasi dan Hukum sekaligus Andalan Nasional Komisi Kerjasama Luar Negeri Kwarnas Rioberto Pranamulya Sidauruk mengatakan, Tri Satya dan Dasa Darma harus menjadi panutan bagi setiap anggota pramuka.

“Dengan memahami betul Dasa Darma, kami akan membangun sinergi bersama dengan anggota-anggota pramuka yang lain,” ujarnya.

Ia mendorong Saka dan Sako yang bernaung di bawah Kwarnas supaya berperan aktif dalam memutus rantai penyebaran Covid-19.

“Saya melihat bahwa kegiatan Sako SPN telah berperan aktif dalam membantu penyelenggaran vaksinasi di pondok pesantren yang melibatkan ribuan orang. Saya kira itu adalah suatu kontribusi nyata dalam memutus rantai penyebaran Covid-19,” ujarnya. (FS/FF/Lines)

The post Ka Kwarnas Buwas Tekankan Pentingnya Kolaborasi Antar Pengurus Pramuka appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/ka-kwarnas-buwas-tekankan-pentingnya-kolaborasi-antar-pengurus-pramuka/

built with : https://erahajj.co.id