Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Esai: Tenggelam

Kategori : LDII News, Nasehat, Ditulis pada : 13 Oktober 2020, 23:05:07

Oleh: Faizunal A. Abdillah
Pemerhati lingkungan – Warga LDII Kabupaten Tangerang

Sering di akhir hari, saya merasa amat bersalah. Sebelum menutup mata, ada semacam kegundahan karena banyak bicara di hari itu. Bukan hanya itu saja, juga bayangan berapa saja orang yang tersakiti dari kata-kata yang tak terkontrol, tak sengaja, meluncur deras dari mulut kecil ini. Terutama orang dekat, anak dan istri. Timbangan dosa dan pahala pun mengemuka. Penyesalan meraja, kenapa tidak memilih banyak diam saja daripada obral kata-kata. Getun.

ٱدۡعُ إِلَىٰ سَبِيلِ رَبِّكَ بِٱلۡحِكۡمَةِ وَٱلۡمَوۡعِظَةِ ٱلۡحَسَنَةِۖ وَجَٰدِلۡهُم بِٱلَّتِي هِيَ أَحۡسَنُۚ إِنَّ رَبَّكَ هُوَ أَعۡلَمُ بِمَن ضَلَّ عَن سَبِيلِهِۦ وَهُوَ أَعۡلَمُ بِٱلۡمُهۡتَدِينَ

“Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pengajaran yang baik, dan berdebatlah dengan mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu, Dialah yang lebih mengetahui siapa yang sesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui siapa yang mendapat petunjuk.” (QS. An-Nahl: 125)

Godaan untuk terus berkata dan berbicara memang selalu ada. Melihat kesalahan, mendengar perbedaan, merasakan ketidakadilan adalah suguhan panca indera sehari-hari. Ditambah situasi yang menjengkelkan, komunikasi yang gagal dan meyakinkan lawan bicara memang perlu buih permainan kata-kata. Dan sebab ada stimulus, maka timbul respon. Sayangnya, seringkali kita amat mudah memanjakan lisan kita. Padahal ada nasehat indah dari Nabi Sulaiman, dalam hal ini. Nabi Sulaiman ‘alaihis sallam berkata kepada anaknya,

يَا بُنَيَّ، إِيَّاكَ وَالْمِرَاءَ، فَإِنَّ نَفْعَهُ قَلِيلٌ، وَهُوَ يُهِيجُ الْعَدَاوَةَ بَيْنَ الْإِخْوَانِ

“Wahai anakku, tinggalkanlah mira’ (jidal, mendebat karena ragu-ragu dan menentang) itu, karena manfaatnya sedikit. Dan ia membangkitkan permusuhan di antara orang-orang yang bersaudara.” (Rowahul Baihaqi)

Padahal saya tidak pernah hidup di Barat. Konon, bagi mereka yang pernah hidup di Barat, menyadari dan mengagumi satu hal bahwa berbicara itu amat penting. Saking pentingnya, seolah menjadi budaya; fight, argue, dan complain, adalah ciri-ciri manusia yang disebut ”hidup”. Seperti wabah, pola hidup ala Barat ini menyebar cepat tak terbendung. Virus ini berjangkit melalui televisi, internet, radio, media, dan lainnya. Bahkan dengan bungkus seksi demokrasi, hak asasi manusia, menjadi penumpang gelap menuju ke Timur Raya. Ujungnya, banyak manusia di Timur mengalami kebingungan: roh Timur, tapi muka Barat.

Tanpa perlawanan, tanpa adu argumentasi, tanpa debat, orang dianggap ”tidak hidup” di Barat. Intinya, melawan itu kuat, diam itu lemah, melawan itu cerdas, dan pasrah itu tolol. Dibandingkan kehidupan di Timur, lebih banyak hal di Barat yang diekspresikan dengan kata-kata. Dan semakin hari semakin sesak tontonan yang menyajikan hal konyol ini: debat, debat dan debat dengan berbagai variasinya. Dan semakin tidak elok lagi, dalam tayangan itu abai tata krama. Mau menyela bicara saja susah setengah mati. Maunya menang dan didengar terus. Rasulullah ﷺ bersabda:

مَنْ تَرَكَ الْمِرَاءَ وَهُوَ مُبْطِلٌ بَنَى اللهُ لَهُ بَيْتًا فِي رَبَضِ الْجَنَّةِ مَنْ تَرَكَ الْمِرَاءَ وَهُوَ مُحِقٌّ بَنَى اللهُ لَهُ بَيْتًا فِي أَعْلَى الْجَنَّةِ

“Barangsiapa yang meninggalkan perdebatan sementara ia berada di atas kebatilan, maka Allah akan bangunkan sebuah rumah baginya di pinggiran surga. Dan barangsiapa yang meninggalkan perdebatan padahal dia berada di atas kebenaran, maka Allah akan membangun sebuah rumah baginya di atas surga.”

Kegalauan saya dan kenyataan hidup ini, semakin menambah kehati-hatian saya dalam berbicara. Walau kadang masih kebablasan, seolah kerisauan ini memberi inspirasi untuk mengagungkan pesan indah Rasulullah ﷺ untuk banyak diam. Sebab kalau masih saja berlindung di balik banyak bicara tidak mengapa asal baik dan benar, pada prakteknya suka lupa mengeremnya. Apalagi ditumpangi keinginan untuk menang dan didengar. Mencari kepuasan, menghindari kekalahan. Berkata yang baik tidak harus banyak.

Jadi, jangan terpancing euforia Barat, tetaplah di jalur kebenaran. Istiqomahlah menetapi panjangnya diam. Jika memang harus berkata, bicaralah seperlunya. Gunakan bahasa tubuh dengan sumpurna, sebagai bahasa yang penuh wibawa. Atau gunakan bahasa lisan secukupnya yang penuh kharisma. Jangan jatuh pada kebanyakan bicara tanpa guna. Atau malah kaburo maqtan, banyak berbicara, ahli suruh, tapi tidak melakukan apa-apa. Juga jangan sampai karena kealpaan kita, satu dua kata menjadi sebab kita tenggelam ke penderitaan selamanya di neraka. Seperti pepatah bilang; Mulutmu, harimaumu! Naudzubillah!


Sumber berita : https://ldii.or.id/esai-tenggelam/

built with : https://erahajj.co.id