Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Hindari Bentrokan dan Kekacauan, Imam Mekkah Menasehati Kaum Muslim

Kategori : Berita, Mancanegara, Ditulis pada : 21 November 2011, 22:51:12

JEDDAH: Imam Masjidil Haram Sheikh Abdul Rahman Al-Sudais pada hari Jumat mendesak para pemimpin dan rakyat negara-negara Islam untuk menunaikan kewajiban mereka menjaga keamanan dan stabilitas karena satu-satunya pilihan umat sebelum mereka adalah memilih jalan persatuan, bukan bentrokan dan kekacauan.“Waktu dan kejadian yang kita lewati dengan cepat diwarnai hilangnya kekuasaan, pembubaran atau pembentukan pemerintah secara beruntun atau kematian penguasa. Jadi gunakan waktu Anda untuk berusaha keras mencapai derajat yang tinggi di akhirat, “kata Al-Sudais dalam khotbahnya di Masjid Agung pada hari Jumat pertama setelah haji tahun ini. Masjid dan halamannya tetap penuh dengan jamaah yang masih tinggal di Makkah setelah menyelesaikan ibadah haji.

Imam mengatakan, ibadah haji telah menanamkan rasa toleransi, keinginan untuk dialog, konsultasi dan solidaritas.

“Jamaah haji tahunan membawa citra luhur dari umat yang satu dengan tujuan tunggal. Musim haji memberikan kepada umat beriman pelajaran mulia tentang toleransi, saling membantu dan pentingnya menjaga keamanan dan perdamaian. Ini juga mengisi para jamaah dengan energi yang unik yang berasal dari pertemuan barokah di tanah yang barokahi, “kata Sheikh Al-Sudais.

Dia menambahkan bahwa perselisihan dalam masyarakat hanya akan menyebabkan perpecahan dan ancaman stabilitas.

Dia menasehati para jamaah haji untuk terus menjadi saleh dalam hidup mereka – bahwa mereka berada di Makkah dengan kesabaran dan ketaatan – sampai nafas terakhir mereka.

“Haji yang ikhlas mengangkat seorang ke puncak nikmatnya keimanan. Tapi, ia harus tetap berada di jalan Allah, menjauhkan diri dari perselisihan dan perbuatan dosa, menghiasi dirinya dengan nilai-nilai kemanusiaan, “kata sang syekh.

Dia mengatakan kepada para jamaah untuk membentengi diri dengan keimanan yang kuat, bertaubat sepenuh hati, niat mulia dan mengikuti tuntunan Nabi SAW dalam rangka untuk menghadapi tantangan duniawi.

“Ketaqwaan kepada Allah SWT mengisi hati dengan cahaya dan menyembuhkan penyakit pikiran dan merupakan pertahanan terbaik terhadap dosa,” katanya.

Syeikh Al-Sudais mengakhiri khotbah dengan mengingatkan mereka untuk berdoa bagi para pejabat Kerajaan, yang telah mengelola dan mengawasi pelayanan kepada jamaah haji, dan para pekerja yang telah bekerja keras siang dan malam untuk menyelenggarakan haji yang aman dan nyaman.

Syeikh Husain Al-Asheikh, imam dan khatib di Masjid Nabi di Madinah, mengatakan dalam khotbahnya bahwa jihad terbesar dalam kehidupan seorang Muslim adalah melawan diri sendiri untuk taat Allah dan Rasul-Nya. Dia menambahkan bahwa seorang mukmin sejati harus berusaha keras untuk mengendalikan ucapan dan perbuatannya yang dapat membahayakan orang lain.

Ratusan ribu jamaah yang tiba di kota suci setelah melakukan haji di Makkah menghadiri salat Jumat di Masjid Nabi. Mereka juga mengunjungi sejumlah lokasi bersejarah di kota dan pinggiran, seperti Masjid Quba, Masjid Syuhada, Uhud, Masjid Qiblatain dan Masjid Al-Khandaq.

Sejumlah besar jamaah telah meninggalkan Kerajaan setelah melakukan haji, yang berakhir pada hari Rabu.

Rombongan pertama yang terdiri dari 262 jamaah Tunisia pulang Kamis malam. Pesawat juga membawa Misi Haji Tunisia dipimpin oleh Menteri Agama Laroussi Almizori.

Sebanyak 10.000 jamaah Tunisia yang melaksanakan haji tahun ini akan diterbangkan kembali ke tanah air dengan 40 penerbangan Tunisia Airways sampai 28 November.

Departemen Urusan Islam, Wakaf, Panggil dan Penyuluhan, telah mendistribusikan 20 juta kopi Al-Qur’an dan buku-buku agama dari Penjaga Dua Masjid Suci sebagai hadiah untuk jamaah haji pulang ke rumah di exit point Kerajaan.

Sheikh Talal bin Ahmed Al-Aqeel, penasehat menteri urusan Islam, wakaf, panggilan dan bimbingan dan ketua komite informasi untuk kesadaran Islam untuk Haji, mengatakan pembagian setiap hari 250.000 eksemplar Al-Qur’an dan terjemahannya dalam berbagai bahasa serta buku-buku dan kaset agama.

Sumber : LDII Sidoarjo

built with : https://erahajj.co.id