Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Workshop MUI DKI

Kategori : Berita, Hubungan Antar Lembaga, Lintas Daerah, Ditulis pada : 26 Oktober 2011, 18:08:41

LDII Prov. DKI Jakarta diundang oleh MUI Prov. DKI Jakarta sebagai peserta dalam “Workhop Pemberdayaan Institusi Keagamaan dalam Pembangunan Masyarakat Jakarta”, 25/10/2011, di Masjid At-Tin, TMII, Jakarta. Menghadirkan pembicara Kepala Kanwil Kementerian Agama Prov. DKI H.Muhaimin Luthfie, Karo Dikmental Askesmas, dan Balitbang Agama Jakarta Prof. Marzani Anwar, paparan dimoderatori oleh DR. Robi Nurhadi.

Pada dasarnya institusi keagamaan merupakan sebuah kekuatan, namun belum bisa dimanfaatkan seluas-luasnya dikarenakan adanya 3 kendala yaitu: (1) pengelolaan institusi belum profesional karena lebih bersifat volunteer atau sukarela, (2) masih lemahnya kultur charity atau sumbangan pendanaan, dan (3) masih lemahnya network atau jaringan antar institusi.

Dalam workshop itu dibentuk beberapa kelompok dimana di kelompok bidang “Pemberdayaan Kelembagaan” yang beranggotakan 25 peserta dari berbagai ormas Islam ditunjuk Ketua DPW LDII Prov. DKI Jakarta Ir. H. Teddy Suratmadji M.Sc. sebagai Fasilitator.

Salah satu hasil workshop adalah mengusulkan kepada Litbang MUI Prov DKI Jakarta untuk membentuk “POKJA Pemberdayaan Kelembagaan”, dimana lembaga-lembaga keagamaan akan bekerja-sama untuk membuat blue-print langkah-langkah konkrit dalam memecahkan 3 kendala yang disebutkan diatas.

Oleh : H Teddy Suratmadji

built with : https://erahajj.co.id